Sabtu, 31 Juli 2010

A Journey to Pare : Finale

pengalaman di pare, sungguh merupakan pengalaman luar biasa, kita bisa bertemu dengan orang-orang yang tidak terduga, seperti kata pepatah yang juga dikasihtau disini, "don't judge the book by its cover".

Secara teknis, buat temen-temen yang mau mencapai pare buat belajar bahasa inggris dan lainnya secara lebih mendalam, ikutin aja jalan yang gw tempuh.

Pertama, kalo dari jakarta dan sekitarnya, langsung aja ke stasiun tanah abang, disana berangkat kereta ekonomi BRANTAS yang seharga Rp. 45.500, kalo dari bogor, bisa naek KRL dan turun di tanah abang langsung kok. Kereta ini berangkat dari stasiun kurang lebih jam 3-an kalo ga salah..

Di dalam kereta, silakan lakukan apa yang kalian mau, tapi masalah tempat duduk jadi masalah utama disini soalnya berhubung ini ekonomi, jadi ada sistem siapa cepat dia dapat ("the early bird gets the warm"). Perjalanan sekitar 15 jam kali ya, soalnya nyampe di stasiun kediri itu pagi sekitar jam 10, jadi silakan itung sendiri,hehehe..

Dari stasiun kediri, jangan mau dianter pake becak (kata temen-temen lain sih mahal), jadi mending jalan kaki aja. Dari stasiun, belok kiri, kemudian bakal ketemu persimpangan 4 jalan (per-EMPAT-an), abis itu belok kanan, ketemu per-EMPAT-an lagi, silakan tunggu disitu angkutan yang ada huruf "P" di mobilnya, itu angkutan menuju pare, atau kalau masih kurang yakin, tanya-tanya warga sekitar situ aja, seperti yang gw dan temen-temen gw lakukan saat disini.
mungkin naik angkutan itu sekitar Rp.7000 ya, soalnya emang lumayan jauh sih, nanti kalian bakal ngelewatin monumen aneh yang gede gitu, nah itu namanya simpang lima (FYI aja sih), setelah ngelewatin itu, harusnya ga lama kemudian kalian udah sampai di sekitar pare.




Ada 2 patokan yang biasa digunakan para supir angkutan disini, MAHESA, atau BEC, jika patokannya MAHESA, maka kalian akan melihat kantin DANIS di sekitar kalian, kalo patokannya BEC? kalian harusnya ada di perempatan gitu, terus ga jauh dari itu ada batu semacam hiasan gitu deh,tenang aja, itu mudah dikenali.



nah, sekarang kalian sudah sampai di kampung inggris, dari situ tinggal menemukan tujuan kursus yang kalian cari, entah AWARENESS,BEC,MAHESA,MARVELOUS,KRESNA,ACCESS,dll..

oia, untuk kebutuhan survive, beberapa orang bisa menargetkan Rp.10.000 sehari loh! soalnya menunya juga kurang lebih kayak gini :

nasi pecel/campur : 2000 (tambah telor : 1000)
nasi goreng : 5000
nasi sop + ayam : TERGANTUNG WARUNG, yang termurah yang ditemui itu 4000, tapi ada yang 8000 di tempat lain.
nasi sate : 5000(7 tusuk) - 7000(10 tusuk)
minum kopi/susu/nutrisari : 1000-1500
nasi + soto ayam ATAU pecel lele : 3500
es buah : 2500 (worthed abis! banyak pula!)
martabak mini atau roti bakar : 1000 (langganan nih!)
baso,bubur ayam, bubur kacang-ijo, lonsay dan makanan-makanan lain harganya kisaran 3000-an 

sewa sepeda : sekitar 50000 per bulan
beli sepeda : gatau, soalnya jarang banget disini, denger-denger sekitar 200ribuan
laundry : 3000-4000 per kilogram, ATAU 500/piece
aqua botol buat minum : 1500/2000 (dan mereknya AQUA)
tempat masuk wisata : sekitar 0-1500 (sejauh yang gw alami sih)
kamus longman (kitab suci para pelajar disini) : 10.000-11.000

tapi memang, walau harganya disini murah meriah dan jauh banget dibandingin sama daerah asal gw, which is depok, tapi nasi disini sangat mengikuti sunnah nabi,, jadi "BERHENTILAH MAKAN SEBELUM ENGKAU KENYANG". karena gw disini ga pernah kenyang kecuali nasinya ngambil sendiri, jadi saran gw, sabar dan biasakannlah karena lama kelamaan kalian akan terbiasa dengan porsi segitu, hohohohoooo.. (bagus buat yang mau diet)

setelah apa yang terjadi disana, akhirnya kita juga harus pulang ke kampung halaman cepat atau lambat, ya kan? jadi kurang lebih begini cara pulang dari sana :
- pertama, jelas cari informasi, masa' iya kalian 1 bulan atau 2 minggu disana dan ngga ketemu orang sekitar situ yang bisa ditanyain? untuk kali ini gw akan menjelaskan tentang gimana pulang pake kereta (a.k.a menuju stasiun), kalau yang menuju terminal atau bandara, atau mungkin darmaga, jelas gw gatau, okie?
- kedua, setelah dapat informasi, entah dari mana, jelas kalian butuh logistik, sekedar mengingatkan aja.. :) . baik kalian akan pulang ke daerah yang relatif dekat macam malang, atau pulang yang agak jauh seperti daerah sumatra dan sekitarnya, jangan sampe kalian di tengah jalan harus beli air atau makanan lagi, mahal dan ga terjamin bro! so, don't forget this!

langsung aja, jadi setelah kalian keluar dari asrama tempat kalian biasa tinggal, berjalanlah ke arah BEC dan belok kiri sampe ketemu tugu yang ada pancasilanya, buat yang ini, ga jauh kok, dari BEC mungkin sekitar 5 menit..
nah, dari situ kalian bisa menunggu colt(angkot) yang akan membawa kalian ke kota kediri, harganya sekitar 7000 rupiah kok.

alternatif lain buat para "backpacker", dari tugu bisa jalan ke arah lebih sana lagi, tapi kali ini sampe sekolah koperasi gitu, YAPKOM atau YAPKOP gitu, lupa juga, kalian bisa nunggu bis disana, tinggal tanya aja kok itu sampe kediri atau ngga, dan harganya relatif lebih murah, sekitar 5000 aja. tapi kalo ga ada yang nganterin, ini sangat-sangat tidak disarankan, soalnya pake motor aja mungkin bisa 5 menit lebih, so, it's kinda far brother.. :)

setelah udah duduk adem anyem di kendaraan, sebenarnya tinggal bilang ke supir or keneknya, turun di deket stasiun, nanti ada 2 pilihan, turun di deket stadion brawijaya, atau deket alun-alun. Sebenarnya gw saranin untuk turun di alun-alun soalnya kayaknya lebih dekat ke stasiun kediri dan ngelewatin tempat yang lebih manusiawi, tapi sayangnya kali ini gw ga ngejelasin bagian itu. :p
ASUMSI : turun di pertigaan, kalian abis turun nyebrang, dan jalan teruuuuuuusssssss.... sampai ketemu rel kereta, dan tinggal belok kiri aja kok. terdengar mudah kan? emang, tapi masalahnya sejak turun dari kendaraan, jaaaauuuuuhhhh banget buat liat rel yang kayak maya itu (soalnya ga muncul-muncul juga), jadi lebih disarankan buat naik becak aja, ok? pokoknya patokannya itu kalian bakal liat mall yang cukup gede di kiri jalan, dan harusnya relnya ga jauh dari itu, sekitar 1 atau 2 tikungan lagi..

begitu udah nyampe di stasiun, silakan membeli tiket sesuai dengan tujuan anda pulang, dan voila! selamat menempuh perjalanan!


hal lain yang perlu diperhatikan :
- kalau musim liburan kesini, siap-siapkan mental anda untuk sekamar dengan hampir 12 orang dengan kondisi kamar yang ngga gede-gede amat, jadi mohon maklum aja yaa..
- buat air minum, sebenarnya ga dianjurkan untuk beli aqua tiap hari,boros juga kan? tapi sengaja gw masukin dalam listnya soalnya gw juga ga yakin setiap asrama itu ada tempat untuk mengisi air minum atau ngga,..
- jangan lupa bawa kamera bagi yang punya, bukannya apa-apa, tapi sangat besar kemungkinan kalian akan mendapatkan teman-teman yang ngga terlupakan disini, karena itu abadikanlah :)
- gw sarankan untuk ngambil 2 kursus aja, jangan ngambil setelan camp doang, bakal banyak nganggur soalnya, jadi mungkin salah satu penanggulannya bawalah barang yang bisa menghibur anda dan menghabiskan waktu (rubik, laptop, atau semacamnya)
- kalau anda memiliki barang yang sifatnya "bisa dipakai teman", semacam charger hape, SENDAL, dan lainnya, SANGAT DISARANKAN untuk segera memberi label, atau setidaknya namailah barang-barang anda itu, karena menurut pengalaman disini, peraturan tidak tertulis disini adalah : "everything is ours", jadi jangan kaget kalau belum apa-apa udah ada barang yang ilang dari hadapanmu..


i think that's all, jika ada yang mau menambahkan, gw akan sangat mengucapkan terima kasih...sekian!

nb :
yang mau ikut ke pare tahun depan, contact me!

3 comments: